Menu Close

Kumpulan Lagu Jepang yang Memiliki Makna Mendalam

Siapa sangka, jika setiap musik yang kita dengar ini seringkali memiliki makna yang mendalam. Walau emmang sebagian dari lagu-lagu yang ada hanya sebuah lirik yang lahir dari hasil kegabutan atau apapun itu. Nah, tak hanya karya musisi Indonesia saja yang memainkan makna mendalam dalam setiap lagunya, melainkan dari negara lain seperti salah satunya adalah negara Jepang. Juga banyak sekali hadir musisi-musisi dalam Dunia Musik yang berbakat dengan mengeluarkan berbagai macam genre lagu dan memiliki arti mendalam di setiap liriknya. 

J-Pop sendiri menjadi musik Jepang yang banyak disukai oleh masyarakat asing, salah satunya masyarakat Indonesia masih banyak menyukai musik J-Pop. Banyak sudah yang mengetahui musik ini dari Anime sampai dengan Rekomendasi dari s1288. Genre Musik Jepang juga sudah bervariasi dan banyak sekali Musisi Jepang yang sudah sangat sukses dengan mempertahankan adanya setiap genre musik mereka miliki. 

Berikut ini, akan menjadi pelengkap dari artikel sebelumnya. Dimana untuk artikel sebelumnya memberikan informasi dari artis Jepang yang kaya dari hasil di dunia Musik. Maka kali ini, Musik Jepangnya yang akan kami bahasa dengan segudang makna yang mendalam di setiap lirik lagunya tersebut. 

 

Lagu Jepang Berjudul Kokoronashi 

Lagu ini menjadi lagu yang dinyanyikan oleh Majiko-san, yang mana sudah masuk menjadi lagu ambyar dari para penikmat lagu Jepang. Kokoronashi sendiri kalau diartikan ke dalam bahasa Indonesia menjadi arti “ Tidak Memiliki Hati “ … 

Lagu ini memiliki genre Pop yang memang berasal dari Jepang, dan di dalamnya memiliki cerita cukup amat ambyar sekali. Diceritakan langsung adanya seorang tokoh utama yang terus saja berjuang merasa tidak pernah pantas berada di samping orang yang memang dirinya cintai. Kemudian disini dirinya ingin pergi saja, namun sang pujaan hati selalu menahannya. Tokoh utama yang ada memang merasa sakit hati ketika perasaannya memang tidak terbalaskan namun harus tetap ditahan. Majiko-san sendiri, bisa menyanyikan lagu seperti dengan menggunakan perasaan. Ketika penulis ini mendengar lagu tersebut, maka bisa dikatakan isiannya jauh lebih mencurahkan perasaannya dan membuat para pendengar jadi sangat ambyar sekali. Yuk coba kalian dengarkan lagunya saat ini di Platform Youtube. 

 

Lagu Jepang Berjudul Kyoukara Omoide 

Lagu dengan judul dari Kyoukara Omoide ini memiliki arti dalam Bahasa Indonesia menjadi “ Memori dari Hari ini “… dikenal oleh para fans dari Aimer ( penyanyinya ) sebagai sebuah lagu dari hari Fathers Day ayai Hari Ayah. sebab didalamnya, Aimer sendiri mengisahkan seorang ayah dengan anaknya yang berujung pada kesedihan dari para penikmat lagu Aimer itu sendiri. 

Lagunya benar-benar menceritakan seorang ayah dan juga anak yang tinggal berdua saja. Disini sang Ayah juga bekerja langsung dari siang hari sampai dengan malam hari agar nantinya bisa melihat sebuah senyuman cerah dari anaknya yang selalu saja menanti kepulangannya. Dan di bagian akhir pada lagunya tersebut, sang ayah ini memberikan sebuah hadiah berupa kado Boneka beruang kacamata untuk anaknya, agar nantinya beruang ini bisa menemani anaknya dikala kesepian disaat sang ayah tidak lagi kembali ke rumah. 

Anak yang terus saja menanti kedatangannya, akhirnya tersadarkan bahwa sang ayah ini sudah pulang tapi pulangnya ke dunia lain. Boneka beruang ini akhirnya menjadi hadiah terakhir dari sang ayah untuk bisa terus menerus menemani anaknya sampai benar-benar dewasa nantinya. Sungguh sedih sekali. Coba deh, benar sesedih itu  nggak sih saat kalian menontonnya di Youtube ? 

 

Lagu Jepang Berjudul Lemon 

Penyanyi dari lagu Lemon sendiri adalah Kenshi Yonezu. Penyanyi ini memulai karirnya pada saat sedang mengisi lagu di Vocaloid sebagai Hachi yang pastinya sudah tidak akan asing lagi ditelinga para pecinta J-Pop. Dikala itu karyanya dengan judul Lemon ini sudah menduduki top 1 MV terbanyak yang ditonton di Youtube. Dengan viewers mencapai 571 Juta Views di Bulan Juni tahun 2020 ini. 

Lagu Lemon ini sendiri sebenarnya memiliki inspirasi dari sosok penting bagi Yonezu san yakni sang Kakek yang sudah meninggal. Tema dari lagu ini juga atas kematian yang tentunya, akan melekat sekali ke dalam dunia manusia sebagai makhluk hidup. Jika kalian menyimak langsung mengenai lagu Lemon ini, maka kalian tidak akan menemukan adanya lirik yang menyinggung langsung atas kematian. Namun lebih mengacu pada kehilangan dari orang yang berharga di dalam hidup. Banyak sudah Fans yang awalnya mengira ini menjadi lagu cinta, ternyata lagunya sendiri memiliki cerita dari seberapa kehilangan dirinya di saat Almarhum sang kakek meninggal dan semuanya hanya tinggal menjadi kenangan saja nantinya. 

 

Lagu Jepang Berjudul Aine Kuraine 

Aine atau Eine Kleine ini memang dikenal langsung sebagai lagu yang diisi oleh dunia percintaan yang akan membuat hati kalian ambyar. Dinyanyikannya oleh Kenshi Yonezu juga. Dimana lagunya memang memiliki sebuah kisah seorang wanita yang memiliki luka dimasa lalu dan rasa tidak percaya diri. Lalu dirinya bertemu dengan seorang pria yang awalnya bahagia sampai benar-benar menemukan konflik batin. 

Wanita sebagai pemeran utama ini akan bertemu dengan seorang laki-laki dan telah berpikir bahwa aku ini bisa bahagia bersamanya. Dikarenakan waktu aku untuk bersamanya tidak akan pernah tergantikan. Namun mulai muncul sebuah konflik batin bagaimana jika waktu terus bersamanya ini, bisa hilang dengan begitu saja. 

 

Lagu Jepang Berjudul Tegami Aisuru Anata E

Lagunya dinyanyikan oleh penyanyi cantik yang bernama Fujita Maiko. Untuk kalian yang suka sekali dengan Anisong atau orang yang menyukai lagu-lagu anime, pasti mengenal lagu ini sebagai lagu untuk orang tua. Judul lagunya sendiri jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia, menjadi Surat Untuk Kamu yang Tercinta. Di Dalamnya memang sudah berisikan apa ucapan terimakasih dari seorang anak kepada orang tua dikarenakan sudah membesarkannya. 

Lirik lagunya memang menceritakan langsung mengenai sang ayah yang sangat amat penyayang, namun memiliki sikap tegas. Disini sang anak lalu minta maaf dikarenakan membuat ayahnya menjadi khawatir. Dirinya juga tidak lupa untuk berterima kasih kepada sang Ibu, sebab sudah melahirkan dan membesarkannya. Dan mengingat momen dimana sang ibu dan anak masak berdua dan juga ingat pesan dari ibunya ini yang tumbuh menjadi anak lucu serta jujur  ( hal ini bisa kalian temukan dalam lirik berbahasa Jepang di dalam lagunya )

 

Lagu Jepang Berjudul The Ghost and the Cloud 

Kalau diartikan, lagu dari Yorushika ini memiliki arti Hantu dan Langit. Dimana untuk lagu ini sendiri sudah menjadi lagu dari album Elma yang mana, lagu-lagunya sendiri sudah berfokus untuk menceritakan 2 orang teman yang memiliki nama Amy dan Elma. mereka berdua ini sudah bertemu di tempat biasa mereka bertemu. Sosok Amy ini datang dari suatu tempat yang antah berantah dengan sebuah harapan bisa bertemu dengan Elma. sedangkan untuk Elma sendiri, datang dikarenakan memang sudah dari awal datangnya bersama Amy hanya untuk sekedar melihat awan saja. Disini Amy juga nampak kesana hanya untuk sekedar melihat awan saja. 

Amy pun menyapa Elma namun disini Elma tidak menjawabnya. Dirinya hanya justru dia membisu saja, lalu Elma mengeluarkan secarik kertas dan disini Amy tahu apa kertas itu dan merasa sangat lega karena itu menjadi surat terbaru yang Amy berikan kepadanya. Lalu Elma sendiri sudah membuka surat ini dan membacanya serta menangis. Ternyata isi dari suratnya sendiri adalah surat terakhir dari Amy sebelum dirinya itu benar-benar menjadi hantu dan bisa menyatu dengan langit.