Menu Close

Mengenal Asal Usul Ayam Bangkok di Indonesia

Pada awal 1400 SM, di Cina, sabung ayam pertama yang diketahui berada di Cina. Kegiatan sabung ayam atau yang lebih dikenal dengan kegiatan sabung ayam sangat erat kaitannya dengan kegiatan sabung ayam di Negara Zhulian China. Kegiatan sabung ayam seperti ini masih bisa dijumpai hingga saat ini. Para pecinta sabung ayam bahkan rela pergi ke China untuk mencari bibit sabung ayam yang berkualitas tinggi dan tangguh, yang banyak disegani di kalangan. Orang-orang pada masa peradaban Cina berhasil menggabungkan sabung ayam dari negara ini dengan jenis sabung ayam lainnya dari negara Asia lainnya seperti Thailand, Laos, Vietnam, dan India.

Mengenal Asal Usul Ayam Bangkok di Indonesia

Dapatkan adu ayam yang kuat, dan Anda dapat melawan lawan Anda hanya dengan satu pukulan dalam permainan. Ayam jenis baru ditemukan dan memiliki nama khusus. Ayam tersebut memiliki julukan “Ayam Raja”. Gerakannya yang sangat cepat dan kemampuannya untuk memukul lawan yang mematikan dalam pertempuran adalah alasan mengapa ayam Thailand ini mendapat julukan ini Pada akhirnya, orang Thailand menamakan ayam ini Ayam Bangkok karena semakin populer. Seperti namanya, ayam ini berasal dari daerah Bangkok Thailand. Di kalangan pecinta sabung ayam, saat ini Ayam Bangkok dan keturunannya masih sangat digemari.

Sejarah Lahirnya Ayam Bangkok di Indonesia 

Pada dasarnya ayam bangkok sudah lama masuk ke Tanah Air, dan untuk saat in permainannya sudah ada di situs judi Joker123. Untuk bisa melihat permainannya, maka disini Anda bisa langsung melakukan Daftar Joker123 sekarang juga. Banyak pecinta sabung ayam lokal yang rela membeli ayam bangkok dari Thailand untuk mendapatkan sabung ayam yang mereka inginkan. Impor ayam bangkok tidak bisa dihindari, karena ayam aduan ini banyak peminatnya. Sejak masuk ke Indonesia, ayam ini sudah disilangkan dengan jenis sabung ayam lainnya. Persilangan bertujuan untuk mendapatkan bibit sabung ayam yang berkualitas dan menjadi juara dalam kompetisi tersebut.

Ciri-Ciri Fisik Ayam Aduan Bangkok Online 

Saat ingin membeli ayam bangkok, salah satu hal penting yang harus diperhatikan adalah bentuk fisiknya. Kualitas induk sangat mempengaruhi ukuran ayam bangkok baik jantan maupun betina. Selain itu, pemberian pakan yang teratur, suplementasi vitamin, dan olahraga yang teratur dapat membuat kualitas ayam bangkok menjadi lebih baik. Adapun ciri-ciri fisik ayam bangkok bermutu tinggi adalah sebagai berikut.

  1. Otot dan posturnya kuat, dan terasa lembut untuk dipegang. 
  2. Tulang yang kuat dan efektivitas tempur yang kuat. 
  3. Tulang paha besar dan kuat. 
  4. Kepalanya berbentuk buah pinang dan besar. 
  5. Warna mata, kaki, paru-paru dan bulu sama. 
  6. Sisir tidak kasar, seperti blangkon. 
  7. Dari jari kelingking sampai kaki bersisik, berjajar dan tidak putus-putus.

Sisik Kaki Ayam Aduan Bangkok 

Kualitas ayam bangkok juga bisa dilihat dari sisik kakinya. Kemampuannya di arena pertarungan terkait dengan kondisi sisik kakinya. Berikut ini adalah jenis-jenis sisik kaki ayam yang dapat menjadi ciri keunggulan tempurnya dalam permainan.

1] Sisik Chain Stone adalah jenis sisik yang disusun dengan urutan yang tidak terputus dari jari kelingking sampai ke kaki.

2] Sisik lapak batu merupakan sisik yang tersusun rapi terutama pada bagian telapak kaki.

3] Sisik berburu naga adalah sisik yang melingkar di pergelangan kaki ayam.

4] Sisik naga turun temurun adalah jenis sisik yang tersusun teratur dari punggung kaki hingga telapak kaki.

5] Sisik Naga Banda adalah sejenis sisik yang disebut juga “nasi wutah” (nasi taburan). Selain itu, sisik ini juga mirip dengan salad buah.

6] Sisik batu karang adalah jenis sisik yang tampak pecah di kaki.

7] Sisik karang tanjung adalah sisik pada punggung jari tangan kiri dan kanan.

8] Sisik satria sinekti adalah paha ayam tanpa sisik, sehingga terlihat mulus.

Macam-Macam Ayam Bangkok Berkualitas Baik 

Silsilah mempengaruhi warna bulu ayam terbaik Bangkok dan biasanya pemenang kompetisi sabung ayam. Lima warna tersebut dianggap mencerminkan kualitas ayam bangkok. Berikut ini adalah ayam bangkok berdasarkan warna.

{1} Jenis Ayam Bangkok Wiring

Salah satu warna bulu ayam bangkok jantan yang terkenal adalah wiring. Warna dasar bulu leher dan ekor yang berwarna hitam dan berbeda merupakan ciri khas dari Bangkok Chicken Line. Sebagai salah satu jenis ayam super bangkok, ayam bangkok wiring semakin banyak dicari oleh para kolektor. Sabung ayam mengenal tiga warna kabel, yaitu wiring wizard (dengan rusuk merah dan kuning) dan kabel kuning (dengan rusuk emas). Wiring Gary (dengan rusuk merah tua dan coklat).

{2} Jenis Ayam Bangkok Wangkas 

Warna dasar ayam bangkok wangkas mirip dengan rawis. Ada dua jenis Ayam Bangkok Wonka, satu adalah Golden Wonka (bulunya berwarna kuning), dan yang lainnya adalah Golden Wonka (bulunya berwarna merah tua).

{3} Jenis Ayam Bangkok Hitam 

Ayam bangkok ini berwarna hitam pekat dan merupakan hewan asli yang didatangkan dari Thailand. Hitam ditemukan di paruh, mata, kaki dan bulu. Para pecinta sabung ayam percaya bahwa warna hitam keseluruhan dari ayam ini adalah tanda dari sabung ayam yang berkualitas tinggi.

{4} Jenis Ayam Bangkok Putih 

Legenda mengatakan bahwa mengalahkan lawan Ayam Putih Bangkok akan sial, ayam ini dapat dianggap sebagai tingkat tinggi.

{5} Jenis Ayam Bangkok Blorok 

Ayam Blorok Bangkok memiliki ciri khas berlatar belakang hitam dan berbintik-bintik putih. Selain itu, warna pakaian ayam bangkok aduan ini adalah kuning atau merah. Demikian artikel tentang jenis-jenis ayam bangkok dan gambarnya. Semoga bermanfaat, jangan lupa untuk membagikannya di komunitas Anda.